6 Fakta Daging Sapi Terenak dan Termahal Sedunia

Apakah anda tahu mengenai daging Wagyu? Ya,seperti yang di kutip dari beberpa berita terbaru daging sapi yang terkenal sebab harganya yang paling mahal. Jika harga daging sapi biasa selama Rp 140.000/kg, harga daging sapi Wagyu dapat mencapai Rp 800.000 lebih per kilogramnya.

Apakah anda penasaran kenapa daging Wagyu dapat dihargai setinggi itu? Apa yang menciptakan daging Wagyu menjadi begitu berbeda?

Pada tulisan kali ini, IDN Times akan membicarakan fakta-fakta tentang daging Wagyu yang harganya selangit ini. Let’s check it out!

 

  1. Daging sapi khas Jepang

 

Wagyu secara harafiah berarti daging Jepang. Berdasarkan keterangan dari sejarah, nenek moyang sapi wagyu kesatu kali datang ke Jepang pada tahun 400 sebelum masehi. Jenis sapi yang datang kesatu kali ketika itu ialah jenis sapi hitam Jepang yang ketika ini menjadi beberapa besar (sekitar 90%) dari total borongan sapi wagyu.

 

Di samping sapi hitam Jepang, ada 3 jenis sapi beda yang dikategorikan sebagai sapi wagyu yakni sapi cokelat Jepang, sapi tanpa tanduk Jepang, dan sapi tanduk pendek Jepang.

Setiap sapi wagyu pun mempunyai keturunan darah yang murni, dengan kata lain tidak adanya perkawinan silang antara sapi wagyu dengan jenis sapi lainnya.

Sapi wagyu hanya dapat kawin dengan sapi wagyu lainnya. Hal ini guna menjaga supaya kualitas daging yang didapatkan tidak berubah-ubah.

 

  1. Tidak melulu ada di Jepang

Meskipun daging Wagyu ialah daging khas Jepang, rasa yang khas dan kesenangan dari sapi wagyu menciptakan peternak di negara lain pun tertarik guna memeliharanya. Salah satu contohnya ialah sapi yang diberi nama American Style Kobe Beef. Sapi ini adalahhasil persilangan antara sapi Angus khas Amerika dengan sapi wagyu khas Jepang.

 

Sapi hasil persilangan itu pun diagungkan dengan cara yang sama laksana sapi wagyu di Jepang. Hal ini menciptakan kualitas sapi American Style Kobe Beef ini bisa bersaing dengan sapi wagyu dari Jepang meskipun harganya masih lebih rendah dari daging wagyu Jepang.

 

  1. Teknik pengembangbiakkan yang unik

Untuk menghasilkan daging sapi berbobot | berbobot | berkualitas tinggi, semua peternak sapi wagyu memakai metode yang menarik untuk memperbanyak sapi-sapinya. Waktu yang diperlukan dari sapi lahir sampai siap panen ialah sekitar 8-10 bulan.

 

Sapi selalu tidak dipedulikan berada di padang rumput terbuka, dimana dia bebas guna memakan rumput yang terdapat di sana dan digabungkan  dengan makanan bernutrisi tinggi.

Sapi Wagyu yang terdapat pun pun dimanjakan, dimana mereka dipijat secara rutin dan diserahkan jaket bilamana memasuki musim dingin. Semua urusan ini dilakukan supaya sapi tidak merasakan stres yang dapat meminimalisir kualitas daging mereka.

 

  1. Daging wagyu memiliki karakteristik unik

Daging wagyu memiliki karakteristik yang menarik dan menjadi dalil mengapa orang-orang rela merogoh kocek lebih guna mengonsumsi daging tersebut. Daging Wagyu mempunyai pola laksana marmer yang paling cantik dimana pola ini terbentuk sebab lapisan lemak tak bosan pada sapi menyebar dengan merata.

 

Daging wagyu pun memliki tekstur yang berair sehingga menyerahkan sensasi juicy saat memakannya. Titik leleh daging wagyu pun sangat rendah sampai-sampai tidak butuh heran andai kamu merasa daging Wagyu laksana meleleh di dalam mulut.

Di samping itu, wewangian yang khas dari daging Wagyu saat dimasak pun sangatlah menggoda.

 

  1. Daging wagyu Kobe ialah yang terbaik

Meskipun sama-sama tergolong daging wagyu, antara daging wagyu juga ada tingkatannya lagi. Setiap prefektur di Jepang memiliki karakteristik daging wagyu-nya sendiri-sendiri, namun daging Kobe tidak jarang kali menjadi primadona dibanding prefektur lain.

Sapi Kobe sendiri sebetulnya ialah sapi hitam Jepang galur Tajima yang garis keturunannya paling dijaga. Sapi ini diagungkan di kota Kobe yang ada di prefektur Hyogo dan jumlahnya pun melulu sedikit. Kedua urusan inilah yang menciptakan daging wagyu Kobe menjadi paling mahal.

Daging wagyu Kobe pun pun menjadi merk yang mewakili daging wagyu di semua dunia.

 

  1. Memiliki sertifikat khusus

Daging sapi Kobe mempunyai sertifikasi eksklusif yang disebut dengan Kobe Beef Certification. Daging wagyu yang telah dicukur akan dinilai menurut 5 kriteria utama, yakni pola daging, warna daging, warna lemak, kecerahan, dan tekstur. Setiap kriteria mempunyai 5 grade dengan grade 5 ialah yang tertinggi.

 

Di samping itu, komparasi antara berat daging dengan berat karkas sesudah sapi disembelih pun dinilai dengan evaluasi A-C, dengan A yang tertinggi.

Untuk memudahkan, daging dengan grade A5 ialah kualitas tertinggi dan grade C1 ialah kualitas terendah. Untuk suatu daging wagyu supaya mendapatkan Kobe Beef Certification, daging itu harus masuk ke grade A atau B dan grade 4 atau 5.

Nah, jadi itulah 6 kenyataan mengenai daging wagyu yang menjadi kesayangan dan menjadi daging sapi termahal di dunia. Hal ini bukan terjadi tanpa sebab, tetapi sebab daging wagyu terbukti paling lezat dan menciptakan orang-orang ketagihan.

Apakah anda tertarik untuk santap daging wagyu? Jika iya, bersiaplah guna merogoh kocek yang banyak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *