Desain Katalog Online Cukup Pakai Microsoft Word, Ini Caranya

 

 

 

Banyak orang kebingungan untuk membuat desain katalog online. Padahal untuk membuatnya Anda tak perlu repot karena bisa memakai aplikasi yang mudah seperti Microsoft Word. Anda ingin membuatnya? Yuk ikuti langkah berikut ini.

 

1.Buat Data di Excel

 

Sebelum menuangkannya di Microsoft Word, ada baiknya Anda membuat dulu list data di Excel. Misalnya Anda mau membuat katalog online untuk pakaian. Coba membuat daftar yang ingin Anda tampilkan di katalog. Misalnya entah pilihan warna, ukuran hingga bahan yang akan dipakai.

 

List tersebut akan bisa mengisi keterangan dari katalog. Ingat Anda harus memasukkan informasi yang menarik dan lengkap. Tentunya ini akan menambah daya tarik dari katalog online tersebut. Setelah sudah masuk ke dalam tabel, save dokumen excel ke dalam folder yang sudah Anda tentukan.

 

  1. Buat Desain Katalog di Word

 

Setelah sudah buat data di Excel, Anda bisa membuka aplikasi Microsoft Word. Di sinilah Anda bisa membuat desain atau template yang menarik. Anda bisa memakai tulisan menarik dengan fitur WordArt.

 

  1. Lakukan Mail Merge Data Katalog

 

Untuk langkah ini, Anda akan menggabungkan desain yang sudah ada di Word dengan data katalog online yang sudah Anda buat di Excel. Jika sudah siap, Anda bisa ke menu “Mailings” kemudian pilih “Start Mail Merge” kemudian pilih “Directory”.

 

Kemudian tekan tombol “Select Recipients” dan pilih “Use an Existing List” sebab Anda sudah menyiapkan data melalui Excel. Langsung saja Anda bisa langsung memilih file Excel yang Anda simpan dalam folder. Kemudian langsung klik Insert.  Secara otomatis, sistem sudah mendeteksi data tersebut. Anda tinggal memasukkan dengan langkah berikutnya.

 

Anda bisa menata Field Mail Merge sesuai katalog. Dengan cara ini, Anda bisa membuat katalog online dalam beberapa lembar namun hanya cukup dengan satu kali kerja saja. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari fitur ini, Anda bisa langsung “Insert Merge Field” dan letakkan saja sesuai dengan nama keterangannya.

 

Jika sudah selesai, Anda bisa menekan Preview Result untuk menampilkan hasilnya. Terakhir pilih “Finish & Merge” dan “Edit Individual Documents”. Dengan fitur ini, Anda bisa mengecek katalog online satu per satu dan bisa memasukkan gambar yang sesuai dengan produk yang Anda tampilkan. Tentunya ini akan membuat tampilan katalog online semakin rapi dan tak perlu repot saat membuatnya.