Dodol Mangga Oleh Oleh Khas Indramayu Dengan Segudang Vitamin

Indramayu ialah sebuah kabupaten yang terletak Jawa Barat, Indramayu selain familiar dengan pantai unsur utara nya Indramayu pun terkenal dengan sebutan kota mangga, mangga Indramayu familiar dengan rasanya yang manis, ada sejumlah jenis mangga yang familiar di Indramayu, mangga cengkir (mangga dermayu), mangga gedong gincu, mangga harum manis, dan mangga gajah.

Karena Indramayu familiar dengan mangganya yang manis dan beragam, maka bila kamu berkunjung ke Indramayu tidak boleh lupa melakukan pembelian oleh oleh Indramayu yakni Dodol Mangga khas Indramayu.

Dodol seringkali terbuat dari tepung beras, santan dan gula, dodol sendiri memiliki tekstur lengket dan mengental dan memiliki rasa yang paling manis, proses memasak dodol seringkali akan memakan masa-masa yang lumayan lama yaitu dapat sampai 9 jam, dari berbentuk cair hingga mengental. Selama pembuatannya dodol mesti diaduk terus menerus hingga dodol matang, mengapa harus diaduk terus menerus sebab supaya dodol tidak menjadi gosong, andai dodol gosong maka rasa dan aromanya menjadi rusak.

Ternyata dodol bukan hanya ada di Indonesia cemilan manis yang satu ini pun ada di Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, India selatan, Srilangka, Thailand dan Burma. Tapi hanya di Indonesia yang berani dan kreatif dalam menciptakan dodol, dodol di Indonesia sangat pelbagai dan jenisnya.

Jaman kini terdapat sekian banyak  macam jenis dodol, terdapat dodol garut, dodol kacang hijau, dodol nangka, dodol bengkoang, dodol tomat, dodol sirsak, dodol salak, tape dodol, dodol ubi, dodol apel malang, dodol pisang, dodol rumput laut, dodol betawi, dodol lidah budaya, dan dodol mangga yang sebagai oleh-oleh khas Indramayu.

Dodol mangga adalah hasil kreasi masyarakat Indramayu, dodol di kreasikan dengan buah mangga, sampai-sampai menghasilkan rasa tidak banyak asam dan pun manis terasa lebih segar ketika dimakan, rasanya yang kenyal dan warna yang cantik maka dodol mangga khas Indramayu sangat sesuai menjadi oleh-oleh setelah kamu berkunjung ke Indramayu.

Dodol Mangga sendiri tercipta dari:

  • Mangga Indramayu yang matang
  • Gula merah
  • Gula pasir
  • Vanili bubuk
  • Garam
  • Agar-agar (tanpa rasa)

Kenapa dodol mangga sangat sesuai buat oleh-oleh khas Indramayu, sebab buah mangga sendiri tergolong buah yang musiman, melulu berbuah setahun sekali jadi bila kamu berkunjung ke Indramayu pada ketika bukan musim mangga kamu tidak usah cemas karena kamu bisa menikmati buah mangga khas Indramayu yang sudah diubah menjadi dodol mangga dan praktis tinggal santap saja, selain tersebut juga tidak sedikit sekali vitamin yang terdapat dalam buah mangga seperti.

  1. Enerji 272 kJ (65kcl)
  2. Karbohidrat 17.00 g
  3. Gula 14,8 g
  4. Diet serat 1,8 g
  5. Lemak 0,27 g
  6. Protein 0,51 g
  7. Vitamin A equiv 38mg (4%)
  8. Beta karoten 445 mg (4%)
  9. Thiamine (vit B1) 0,053 mg (4%)
  10. Riboflayin (vit B2) 0,057 mg (4%)
  11. Niacin (vit B3) 0,584 mg (4%)
  12. Asam pantotenat (vit B5) 0,160 (3%)
  13. Vitamin B6 0,134 mg (10%)
  14. Folat (vit B9) 14 mg (4%)
  15. Vitamin C 27,7 mg (46%)
  16. Kalsium 10 mg (1%)
  17. Besi 0,13 mg (1%)
  18. Magnesium 9 mg (2%)
  19. Fosfor 11 mg (2%)
  20. Kalium 156 mg (3%)
  21. Seng 0,04 mg (0%)

Dari penjelasan di atas ternyata buah mangga terbukti berisi tidak sedikit sekali vitamin dan paling baik guna tubuh, dan dodol mangga sendiri paling praktis dijadikan oleh-oleh yang menyehatkan dan juga dapat disimpan dalam masa-masa yang lama, bertolak belakang dengan buah mangganya sendiri yang cepat membusuk. Karena rasa dodol mangga yang manis tidak banyak asam dan teksturnya yang lembut gampang digigit maka cemilan yang satu ini digemari oleh anak kecil hingga orang dewasa dipastikan semua orang bakal menyukainya.

Buat sobat oleh oleh indramayu yang hendak membeli dodol mangga. kalian bisa menghubungi nomor inilah ini atau datang langsung ke toko kami.

Toko Oleh Oleh Indramayu

Website : oleholehindramayu.co.id
Call/SMS/WA : 085314748828
E-mail :admin@oleholehindramayu.co.id

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *