Kasus Nomor Resi Pengiriman barang Tidak Terlacak di Web Ekspedisi

 

Dalam dunia bisnis online, tidak saja sekali-dua kali saja terjadi permasalahan nomor resi yang tidak dapat dilacak. Customer atau penerima barang pastinya merasa kecewa dengan jasa pengiriman yang sudah mereka pilih. Di antara sejumlah customer yang kecewa itu bahkan terdapat yang menumpahkan kekecewaannya di dunia maya. Berikut ini kami rangkum bebearap permasalahan nomor resi yang tidak terlacak dengan harapan supaya dapat menjadi pembelajaran dan informasi untuk para pembaca.

  1. Status tracking nomor resi tidak update

Seorang pemakai jasa melakukan pembelian barang online di suatu marketplace mengeluhkan mengenai paketnya yang telah 5 hari tidak terdapat kabar kejelasan di mana lokasinya. Berdasarkan keterangan dari wanita mempunyai nama Endah ini, paketnya sudah dikirim semenjak tanggal 15 Juli 2019 memakai jasa pengiriman J&T cabang dan tujuan J&T ekspedisi surabaya medan. Namun sampai tanggal 20 Juli 2019 status paketnya tidak kunjung terlacak.

Selama 5 hari, status tempat paketnya masih sedang di Kantor J&T Surabaya dan belum didistribusikan ke alamatnya. Wah, bila menurutmu ini kekeliruan dari marketplace-nya atau jasa ekspedisinya nih, guys?

  1. Nomor resi ekspedisi tidak dapat dicek

Sebuah akun dengan nama ‘dpurwa’ mengadukan bahwa ia sudah mendapat nomor resi dari hasil transaksinya di suatu marketplace, tetapi nomor resi itu tidak bisa dilacak. Sayangnya ia tidak melafalkan jasa pengiriman apa yang digunakan. Dpurwa memperkirakan urusan ini terjadi sebab adanya masalah dengan sistem tracking pengiriman tersebut.

Apabila kita menghadapi permasalahan serupa, penyelesaian yang bisa Anda kerjakan adalah:

Menghubungi penjaja untuk menanyakan apakah nomor resinya telah benar.

Jika penjual menuliskan bahwa nomor resinya telah benar, Anda mesti menyerahkan jeda dan periksa lagi keesokan harinya sebab terkadang update resi memerlukan waktu yang agak lama.

Apabila telah lebih dari 2 minggu nomor resi masih tidak dapat dilacak dan barang belum sampai, hubungi Customer Support (CS) marketplace lokasi Anda melakukan pembelian barang untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

  1. Resi diperiksa invalid

Kasus nomor resi yang invalid saat dicek ialah hal yang paling wajar terjadi. Kasus ini bahkan tak jarang berbuntut pada komentar negatif customer seperti: “Kok resinya diperiksa invalid? Penipu, ya?” kita yang telah lama berkecimpung di dunia marketplace atau toko online tentu pernah merasakan hal pahit laksana ini. Di bawah ini ialah contoh-contoh permasalahan yang dirasakan oleh customer yang nomor resinya invalid atau tidak terlacak di situs ekspedisi.

Apa yang bisa Anda lakukan andai mengalami urusan serupa laksana customer-customer di atas?

Khusus untuk pemakai Ekspedisi JNE, seharusnya nomor resi dapat langsung dilacak. Kecuali andai masih memakai resi manual lagipula pick up, maka Anda mesti menantikan 1 x 24 jam supaya dapat terlacak ketika barang telah manifested.

Mintalah potret resi Anda untuk penjual atau pemberi resi. kita mempunyai hak guna meminta difotokan nomor resi, data informasi pengirim dan penerima. Meminta resi guna difotokan bakal menghindari kekeliruan seperti penjaja yang salah ketika meng-input nomor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *